Welcome to robisatriawan.blogspot.com

Monday, June 16, 2014

Gendang Beleq

Bunyi gendang yang bertalu-talu, mewarnai keseharian hidup di Pulau Lombok. Inilah kesenian gendang beleq, yang menjadi ciri khas Pulau Lombok, sebuah pulau yang menjadi bagian dari provinsi Nusa Tenggara Barat.

Lombok, sebuah pulau seluas 4.700 kilometer persegi, terletak tepat di sebelah timur Pulau Bali. Pulau ini merupakan satu dari dua pulau utama, yang membentuk provinsi Nusa Tenggara Barat. Keindahan alamnya merupakan bagian dari pesona Lombok.
Namun Lombok tidak hanya menawarkan panorama. Pulau ini juga memiliki kesenian yang amat atraktif, yaitu gendang beleq, yang artinya gendang besar. Inilah kesenian yang menjadi ciri khas Lombok, dan mewarnai keseharian masyarakat di pulau tersebut 

Sebagaimana sebuah kesenian musik tradisional, gendang beleq pun memiliki makna yang dalam. Sejak pembuatannya yang diawali dari melubangi kayu, sejumlah sesaji dan doa telah dipanjatkan.

Tidak sembarang kayu bisa dijadikan gendang beleq. Pada umumnya, kayu yang dicari adalah yang ringan namun kuat. Selain itu, kayu yang diambil adalah yang umurnya telah lima tahun, sebab kayu lebih kering. Selesai dipotong dan dilubangi, kayu dipasangi penjangke atau penahan. Ini merupakan alat besi bundar, yang berguna untuk menjaga kayu agar tidak berubah. Tanpa penahan, kayu dapat berubah bentuk, akibat panas.

Kayu juga digores dengan gergaji. Air akan keluar dari goresan tersebut, sehingga kayu tidak pecah. setelah itu, barulah ia dijemur. Kulit kambing sebagai bahan gendang pun, tidak sembarang diambil. Yang bagus adalah yang berumur setidaknya lima tahun. Kulit kambing jantan digunakan untuk gendang lanang atau lelaki.
Kulit kambing betina untuk gendang wadon atau perempuan. Kulit kambing jantan lebih kuat, dan suara yang dihasilkan pun lebih keras. Agar lunak dan mudah dilubangi, kulit kambing yang masih keras direndam dalam air dingin, sekitar 40 menit. Ukuran gendang beleq disesuaikan dengan fungsinya. Gendang untuk tari lebih kecil daripada untuk instrumen, sebab pemainnya memukul dan menabuh gendang sambil menari. Gendang untuk tari pun lebih ringan, hanya dua kilogram. Sedangkan gendang instrumen bisa sampai lima kilogram. Gendang beleq juga dibedakan antara lelaki dan perempuan. Suara yang dihasilkan berbeda, dan inilah yang akan memunculkan bunyi gendang yang amat dinamis.

No comments:

Post a Comment